Rekayasa Kebutuhan B - Tugas 3
Nama : Vicky Thirdian
NRP : 05111940000211
Rekayasa Kebutuhan B
Tugas 3
Assalamu'alaikum teman-teman. Halo semuanya pada tugas Rekayasa Kebutuhan yang ketiga kali ini mengenai input dan output dari proses rekayasa kebutuhan. Kali ini saya mengambil studi kasus dari Sistem Informasi P. Dhe JJ Coffee. Berikut merupakan SKPL dari sistem ini.
I. Input :
Existing System Information
Sistem informasi ini merupakan sistem yang dibuat untuk konsumen dari kafe P. Dhe JJ coffee yang sebelumnya itu untuk pemesanan harus bertatapan secara langsung. Maka disesuaikanlah untuk kondisi pandemi sekarang ini. Yang mana pengguna dapat memesan dengan perangkat kerasnya seperti handphone dan dapat membayar secara cashless.
Stakeholder Needs
Stakeholder pada sistem terbagi menjadi 3 yaitu
1. Admin
Admin disini sebagai media pelayanan untuk para konsumen. Admin disini dapat melakukan:
a. Admin dapat menambahkan menu baru
b. Admin dapat mengubah harga menu
2. Pengguna
Pengguna disini sebagai pengguna dari sistem penrangkat lunak ini. Pengguna disini dapat melakukan:
a. Pengguna dapat memesan makanan dan minuman
b. Pengguna memasukkan email untuk mendapatkan notifikasi
c. Pengguna dapat melakukan booking tempat
Organizational Standards
Standar yang ditetap untuk menilai atribut kualitas pada sistem informasi ini ialah:
1. Reability
a. Sistem dapat diakses oleh banyak pengguna secara bersamaan
b. Sistem mampu menyimpan data dalam skala yang besar
2. Availibility
a. Sistem dapat digunakan pada sistem operasi Windows
b. Sistem dapat diakses menggunakan browser Microsoft Edge, Google Chrome. Mozilla Firefox
3. Security
a. Untuk user Admin, aplikasi ini akan dilengkapi password untuk hak akses penuh
4. Maintainability
a. Sistem informasi ini mampu meningkatkan layanannya agar tidak mengalami gangguan saat pengguna menggunakannya. Sehingga sistem ini akan dilakukan maintanance nantinya.
5. Portability
a. Sistem informasi ini dapat diakses dengan perangkat apapun selama masih terhubung dengan internet
Regulations
Berikut merupakan hal-hal yang diperlukan seperti berikut:
1. Sistem ini dikembangkan menggunakan bahasa PHP, HTML, CSS dan Javascript
2. Database yang digunakan pada sistem ini yaitu MySQL
3. User dapat mengakses sesuai dengan otorisasinya yang Admin dapat melakukan hak akses penuh sedangkan pengguna umum dibatasi
3. Sistem dapat melakukan pembayaran melalui qr code dengan berbagai provider media pembayaran.
4. Sistem dapat dijalankan menggunakan web browser seperti Chrome, Mozilla Firefox, dll
5. Penerbitan menu baru hanya dapat dilakukan oleh admin
Domain Information
Sistem informasi ini dapat diakses menggunakan berbagai berbagai perangkat seperti handphone, laptop dll selama masih terhubung dengan internet
II. Output :
Agreed Requirements
a. Sistem menyediakan tampilan menu makanan dan minuman untuk pengguna
b. Sistem menyediakan fitur pesan untuk pengguna
c. Sistem menyediakan fitur berbagai macam provider pembayaran untuk pengguna
d. Sistem menyediakan fitur edit menu pada admin
e. Sistem menyediakan fitur review rate terhadap menu untuk pengguna
f. Sistem menyediakan fitur bar chart untuk melihat keuntungan atau kerugian pada hari itu untuk admin
g. Sistem menyediakan fitur menampilkan data stok menu untuk admin
System Specifications
Spesifikasi sistem dibutuhkan seperti berikut:
a. Pada aplikasi ini dibangun menggunakan framework laravel
b. Server menggunakan Apache
c. Database yang digunakan ialah MySQL
d. Sistem operasi yang digunakan yaitu Windows
System Models
Model dari sistem yang dikembangkan sebagai berikut.
1. Use case diagram
2. Activity Diagram
3. Sequence Diagram
Comments
Post a Comment